Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Empat Parpol Deklarasikan Jevries Kewetare dan Yakob Thesia untuk Pilkada Sorsel 2024

    Foto bersama deklarasi 4 parpol usung pasangan bacalon Bupati Jevries N. Kewetare dan Wakil Bupati Yakob Thesia, dalam pilkada 2024 di Kabupaten Sorong Selatan. (Edis RRI)


    Teminabuan: Sebanyak 4 partai politik (parpol), mendeklarasikan pasangan bakal calon (bacalon) Bupati Jevries N. Kewetare dan Wakil Bupati Yakob Thesia, untuk maju dalan Pilkada 2024 di Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat Daya, Rabu (28/8/2024). Ke-4 parpol tersebut adalah Hanura, Perindo, PSI dan PPP.

    Deklarasi tersebut ditandai dengan pernyataan komitmen dukungan bersama, yang dibacakan oleh Ketua DPC PPP Sorong Selatan, Muhammad Qadaafii Yashica, bertempat di kediaman bacalon Bupati Jevries N. Kewetare di Kaliat Teminabuan.

    "Kami dari Partai Hanura, Perindo, PSI dan PPP, menyatakan mendukung dan siap bekerja untuk memenangkan bapak Jevries Kewetare dan bapak Yakob Thesia, sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sorong Selatan periode 2024 - 2029," ungkapnya.

    Bacalon Bupati, Jevries Nelson Kewetare, berikan keterangan pers usai dideklarasikan oleh 4 parpol dalam pilkada 2024 di Kabupaten Sorong Selatan. (Edis RRI)


    Bacalon Bupati, Jevries N. Kewetare dalam keterangannya menyampaikan, munculnya putusan MK No.60/PUU-XXII/2024, dapat memberikan peluang bagi parpol yang tidak memiliki kursi di DPRD, untuk dapat mendaftarkan calon kepala daerah. 

    "Putusan Mahkama Konstitusi ini dapat merubah pasal-pasal dalam PKPU, tentang syarat pencalonan kepala daerah berdasarkan persentase jumlah kursi di DPRD. Jadi tadinya harus sesuai jumlah kursi, sekarang berubah dengan jumlah suara sah parpol. Ini memberikan ruang bagi hampir semua daerah, untuk memiliki kandidat lebih banyak dan menghindari lawan kotak kosong. Artinya semua parpol mempunyai peluang," ujarnya.

    Khususnya di Kabupaten Sorong Selatan, lanjutnya, ada sejumlah parpol non seat dan mempunyai hak untuk mengusung calon kepala daerah. Dengan demikian dirinya melihat ada peluang, sehingga berupaya untuk mencalonkan diri dalam pilkada 2024 di Sorong Selatan.

    "Kita di Sorong Selatan pun mengalami dampak yang sama. Saya melihat kita di Sorong Selatan ada partai-partai non seat, juga mempunyai hak untuk mengusung. Maka dengan menggunakan suara-suara mereka, kita bisa mendapatkan peluang itu. Saya sendiri di malam ini, ada deklarasi dari 4 partai politik. Yaitu Hanura, Perindo, PSI dan PPP. Satu yang memiliki seat yaitu Hanura, sedangkan yang tiga tidak memiliki seat," tandasnya. 

    Selanjutnya disampaikan, "Dari konstelasi jumlah suara itu, kita di 5 ribu sekian. Kalau 10 persen dari total suara sah 34 ribu sekian sesuai dengan aturan, maka ada di 3400 sekian. Sementara dari koalisi partai ini sudah menjadi 5 ribu lebih, maka ini sudah memberikan ruang kepada kita untuk bisa mendaftarkan diri ke KPUD, sebagai bakal calon yang ikut kontestasi dalam pilkada 2024," katanya. (Edis Reporter RRI)

    Tidak ada komentar

    Tulis komentar disini

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728